Minggu, 07 Oktober 2018

Kajian Bab 2 Prinsip Multimedia Pembelajaran pada Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama (Herman Dwi Surjono)


Kajian Bab 2 Prinsip Multimedia Pembelajaran
Dalam Bab 2 : Prinsip Miltemedia Pembelajaran, kita akan disuguhkan materi  tentang mengombinasikan teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, dan sinergis untuk menjadi suatu media pembelajran interaktif (MPI). Dalam mengombinasikan beberapa unsur tersebut, diperlukan pengetahuan tentang teori kognitif, prinsip media pembelajaran, dan aspek multimedia pembelajaran.
Kajian
1.      Poin – poin utama yang telah tersampaikan pada Bab 2 : Prinsip Media Pemebelajaran adalah sebagai berikut :
Ø  Terdapat penjelasan mengenai teori kognitif. Pada sub bab ini dijelaskan mengenai beberapa hal, seperti pengertian teori kognitif, ilustrasi instruksi teori kognitif, dan aspek yang diperhatikan dalam membuat MIP
Ø  Prinsip media pembelajaran
Ø  prinsip contiguity
Ø  prinsip coherence
Ø  prinsip signaling
Ø  prinsip redundancy
Ø  prinsip segmenting
Ø  prinsip pre training
Ø  prinsip modality
Ø  prinsip multimedia
Ø  prinsip personalization
Ø  prinsip interactivity
Ø  Penjelasan materi sudah menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan mudah ditangkap oleh pembaca.
Ø  Penjelasan disertai dengan grafik – grafik untuk menambah penjelasan materi.
2.      Hal yang masih kurang dalam bab ini :
a.       Ada beberapa sub bab yang tidak dijelaskan pada ringkasan.
b.      Penjelasan cenderung Panjang, sehingga membuat pembaca jenuh.
3.      Sub Bab yan belum ada
a.       Belum adanya contoh study kasus yang memuat penjelasan tentang materi. Hal ini diperlukan agar pembaca dapat mendapat gambaran.
b.      Dapat disertai dengan tampilan MIP yang telah tersedia.


Dapat mendownload Buku Prinsip Multimedia Pembelajaran pada Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama (Herman Dwi Surjono) di http://dstats.net/download/http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2018/02/Multimedia-Pembelajaran-2017-Cetak-smSC.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar