Kajian Bab 2 Prinsip Multimedia
Pembelajaran
Dalam Bab 2 : Prinsip Miltemedia Pembelajaran, kita
akan disuguhkan materi tentang
mengombinasikan teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, dan sinergis untuk
menjadi suatu media pembelajran interaktif (MPI). Dalam mengombinasikan
beberapa unsur tersebut, diperlukan pengetahuan tentang teori kognitif, prinsip
media pembelajaran, dan aspek multimedia pembelajaran.
Kajian
1.
Poin – poin utama
yang telah tersampaikan pada Bab 2 : Prinsip Media Pemebelajaran adalah sebagai
berikut :
Ø Terdapat penjelasan mengenai teori kognitif. Pada sub
bab ini dijelaskan mengenai beberapa hal, seperti pengertian teori kognitif, ilustrasi
instruksi teori kognitif, dan aspek yang diperhatikan dalam membuat MIP
Ø Prinsip media pembelajaran
Ø prinsip contiguity
Ø prinsip coherence
Ø prinsip signaling
Ø prinsip redundancy
Ø prinsip segmenting
Ø prinsip pre training
Ø prinsip modality
Ø prinsip multimedia
Ø prinsip personalization
Ø prinsip interactivity
Ø Penjelasan materi sudah menggunakan bahasa yang mudah
dipahami dan mudah ditangkap oleh pembaca.
Ø Penjelasan disertai dengan grafik – grafik untuk menambah
penjelasan materi.
2.
Hal yang masih
kurang dalam bab ini :
a.
Ada beberapa sub
bab yang tidak dijelaskan pada ringkasan.
b.
Penjelasan cenderung
Panjang, sehingga membuat pembaca jenuh.
3.
Sub Bab yan belum
ada
a.
Belum adanya
contoh study kasus yang memuat penjelasan tentang materi. Hal ini diperlukan
agar pembaca dapat mendapat gambaran.
b.
Dapat disertai dengan
tampilan MIP yang telah tersedia.
Dapat mendownload Buku Prinsip Multimedia Pembelajaran pada Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama (Herman Dwi Surjono) di http://dstats.net/download/http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2018/02/Multimedia-Pembelajaran-2017-Cetak-smSC.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar